Print this page
Written by  2016-05-04

Sea Trial dan Joy Cruise RAMA Indonesia PRIMA 2016 di Selat Sunda

(0 votes)
Foto bersama para peserta Sea Trial dan Joy Cruise INA PRIMA 2016
Foto bersama para peserta Sea Trial dan Joy Cruise INA PRIMA 2016

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian program pelayanan riset Balai Teknologi Survei Kelautan (Balai Teksurla) BPPT dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan tujuannya meningkatkan kerjasama antar instansi pemerintah dalam rangka optimalisasi penggunaan Kapal Riset Baruna Jaya BPPT di bidang pelayanan riset kelautan di Indonesia.

Acara ini diselenggarakan oleh 2 instansi yaitu BPPT dan BMKG sebagai kelanjutan dari survei Indonesia PRIMA 2016, selama 29 hari. Selain BPPT dan BMKG, Indonesia PRIMA melibatkan instansi asing AOML dan PMEL. Kedua instansi asing ini merupakan bagian dari pemerintah Amerika Serikat NOAA, yakni NOAA’s Atlantic Oceanographic and Meteorological Laboratory (AOML) yang menyediakan sistem argo floats, dan NOAA’s Pacific Marine Environmental Laboratory (PMEL) yang bertanggung jawab dengan sistem buoy mooring.

Sejalan dengan aktivitas tersebut, maka Kapal Riset Baruna Jaya IV diharuskan melaksanakan uji coba pelayaran kapal (sea trial) di laut di perairan kawasan gunung Krakatau selat Sunda. Uji coba ini dilakukan dalam rangka pengetesan beberapa sistem di kapal yang selesai dilakukan perbaikan pada beberapa peralatannya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 – 23 April 2016  dengan dihadiri oleh Kepala BPPT, pejabat-pejabat eselon dan staf BPPT, Kepala BMKG, pejabat-pejabat eselon dan staf BMKG, BAKAMLA, US Embassy yang memulai pelayaran dari pelabuhan Ciwandan PT. Pelindo II Cabang Banten.

Read 1905 times Last modified on Kamis, 16 Maret 2017 10:26

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments