Print this page
Written by  2015-11-16

Survei Penelitian Karakteristik Biologi Perikanan, Habitat Sumber Daya Dan Potensi Sumberdaya Ikan Di Samudera Hindia Barat Sumatera Dan Selatan Jawa

(0 votes)

Survei Penelitian Karakteristik Biologi Perikanan, Habitat Sumber Daya dan Potensi Sumberdaya Ikan di Samudera Hindia Barat Sumatera dan Selatan Jawa merupakan kerjasama antara Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT dengan Balai Penelitian Perikanan Laut (BPPL)-Kementrian Kelautan Perikanan (KKP). Survei ini dimulai tanggal 22 Sepember 2015 – 10 November 2015.

Kegiatan survei ini sebagai upaya untuk memastikan ketersediaan ikan dan mencegah aktivitas penangkapan ikan berlebih (over fishing). Kajian stok sumber daya ikan menempati peringkat utama dalam langkah-langkah pengelolaan sumberdaya perikanan, dengan kajian ini nantinya dipergunakan sebagai landasan merumuskan kebijakan pengelolaan sumber daya perikanan secara akurat dan cermat. Atas dasar itu Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tahun 2015 meresmikan Program Kajian Stok Nasional (PKSN) dan untuk merealisasikan program ini, KKP akan mensurvei laut nusantara yang meliputi 11 Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) seluruh Indonesia yang dilaksanakan secara serentak dan melibatkan beberapa kapal penelitian Indonesia. Pada kegiatan survei yang secara khusus meliputi wilayah WPP 572 (Samudera Hindia Barat Sumatera) dan WPP 537 (Samudera Hindia Selatan Jawa), survei ini memanfaatan kapal riset Baruna Jaya IV. 

Maksud kegiatan ini adalah untuk mengestimasi berapa banyak ikan yang ada di laut serta ragam jenisnya dan berapa banyak ikan yang boleh diambil agar kelestarian sumber daya ikan di laut tetap terjaga dengan optimal sebagai odyssey to prosperity atau jalan bagi seluruh masyarakat menuju kemakmuran.

Tujuan survei ini adalah:

  1. Melakukan kajian dalam rangka meningkatkan akurasi potensi dan tingkat pemanfaatan sumber  daya ikan secara revolusioner di Indonesia.
  2. Untuk memastikan ketersediaan ikan dan mencegah aktivitas penangkapan ikan berlebih (over fishing).
  3. Melakukan penghitungan atau pendugaan stok ikan untuk mendapatkan angka estimasi jumlah ikan yang ada di laut serta jenis sekaligus

 

Kegiatan yang dilakukan meliputi pengambilan data CTD, pengambilan sampel larva, pengambilan sampel fitoplankton, zooplankton, pengambilan sampel sedimen dan pengambilan sampel ikan.

Read 2154 times Last modified on Selasa, 07 Maret 2017 10:38

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments