Print this page
Written by  2014-10-01

Sail Raja Ampat 2014

(0 votes)
Tim Ekspedisi Sail Raja Ampat
Tim Ekspedisi Sail Raja Ampat

Sail Raja Ampat merupakan program pemerintah dalam rangka menggalang keterpaduan dalam rangka percepatan pembangunan dan pengembangan potensi sumber daya kelautan dan pariwisata indonesia guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat,

khususnya masyarakat pesisir dan pulau kecil, sekaligus menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indinesia ke-69, perlu menyelenggaraan Sail Raja Ampat Tahun 2014 di propinsi Papua Barat yang dikuatkan dengan Keputusan Presiden RI No. 10 Th. 2014 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Sail Raja Ampat 2014.

Pada kegiatan Sail Raja ampat, berbagai kegiatan lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah telah ditetapkan dan menjadi bagian keberhasilan program pemerintah, khususnya mendukung Propinsi papua barat sebagai destinasi utama pariwisata dunia. Sebagaimana kegiatan Sail Nasional terdahulu, Balai Teknologi Survei Kelautan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) juga ikut berperan aktif dalam rangkaian acara kegiatan Sail Nasional. Dalam Sail Raja Ampat 2014, Kapal Riset (KR.) Baruna Jaya IV akan berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan, khususnya dalam Bidang Kegiatan Ekspedisi Kapal Riset dan Ilmiah Kelautan.

Menurut Athur Yordan selaku Ketua Tim Ekspedisi "Selain mensukseskan tujuan Sail Raja Ampat 2014, di sisi lain momentum ini juga dapat membangkitkan semangat Bahari dan meningkatkan wawasan kelautan bagi generasi muda secara dini khususnya siswa sekolah dan kepada seluruh masyarakat Indonesia".

Kegiatan ekspedisi kapal riset dan ilmiah kelautan dengan KR. Baruna Jaya IV mempunyai maksud dan tujuan, diantaranya:
  1. Berpartisipasi dan mendukung Program Nasional Sail Raja Ampat 2014.
  2. Memfasilitasi kegiatan penelitian dan transfer teknologi kelautan kepada peneliti dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.
  3. Sosialisasi program riset dan rekayasa teknologi kelautan nasional serta penanaman jiwa kebaharian melalui kegiatan open ship dan joy cruise kepada pelajar, mahasiswa dan khalayak umum.
  4. Melakukan survei ilmiah kelautan meliputi survei:
  • Pengukuran CTD (Conductivity, Temperature, Depth) untuk mengetahui parameter fisika kelautan pada perairan sekitar Raja Ampat.
  • Pengukuran PCO2 untuk mendukung pemetaan regional mengenai global warming.
  • Pengambilan Sampling Air yang bertujuan untuk mengetahui adanya pencemar radio aktif di Perairan Pulau Raja Ampat.
  • Pengukuran arus dengan ADCP, bertujuan untuk survei pendahuluan dalam rangka mencari daerah yang mempunyai potensi energi arus laut.
  • Survei Bathimetri bertujuan memetakan topografi bawah laut di sekitar perairan kepulauan Raja Ampat.
  • Survei Sub Bottom Profiling bertujuan untuk mengetahui karakteristik antara sedimen dan batuan dasar di Perairan kepulauan Raja Ampat.
Read 2051 times Last modified on Selasa, 10 Maret 2015 16:35

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments