Written by  2021-08-31

BALAI TEKSURLA BPPT GELAR WEBINAR PERAN TEKNOLOGI PEMETAAN LAUT DALAM

(0 votes)

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi melalui Balai Teknologi Survei Kelautan (Balai Teksurla) kembali menyelenggarakan webinar dengan tema “Peran Teknologi Pemetaan Laut Dalam untuk Mendukung Program Batimetri Nasional, Utilitas Bawah Laut dan Ekstensi Landas Kontinen Indonesia” pada Selasa, 31 Agustus 2021 melalui Zoom Meeting bit.ly/WebinarBalaiTeksurla dan Youtube BarunajayaBPPT.

Dalam webinar tersebut, dihadirkan beberapa narasumber dari berbagai institusi dan kementerian yang menjadi ahli dalam bidangnya, yaitu Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI-AL, Laksamana Madya Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P; Direktur Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, Ir. Anang Achmad Latif, M.Sc..; Kepala  Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai Badan Informasi Geospasial (BIG), Ir. Yosef Dwi Sigit Purnomo, M.Si.; Direktur Kenavigasian Kemenhub RI, Ir. Hengki Angkasawan (yang diwakili oleh Kepala Subdirektorat Penataan Alur dan Perlintasan Ir. Zahara Saputra).; serta Perekayasa Ahli Madya BPPT, Ir. Muhammad Irfan, M.Eng. Tak ketinggalan pula keynote speaker luar biasa, yaitu Kepala BPPT, Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc. IPU dan Plt. Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dr. Ir. Pamuji Lestari, M.Sc.

Indonesia sebagai negara kepulauan dalam menentukan batas dan karakteristik negara adalah dengan mengadopsi aturan dari the United Nations Convention on the Law of the Sea 1982 (UNCLOS 1982). Melalui Undang-undang No.17 Tahun 1985 tentang pengesahan UNCLOS mengamanatkan adanya program pemutakhiran data batimetri nasional yang merupakan data dasar kelautan yang harus dimiliki oleh setiap negara maritim.

Selain itu Indonesia juga telah mengatur hak dan kewajiban Landas Kontinen Ekstensi (LKE), sesuai dengan hukum internasional dan merupakan salah satu negara pertama di Asia yang sudah mengidentifikasi area LKE di luar batas 200 mil laut (NM).

Setidaknya ada 4 (empat) kegiatan survei yang merupakan kerjasama antara Badan Informasi Geospasial (BIG) yang dahulu bernama Bakosurtanal dengan BPPT (cq. Balai Teknologi Survei Kelautan) yang terkait dengan Survei Ekstensi Landas Kontinen Indonesia (LKI) dalam kurun waktu Tahun 2009 – 2020, yaitu Survei LKI pada Tahun 2009 di Utara Papua, Survei LKI pada Tahun 2010 di Barat Aceh, Survei Ekstensi LKI pada Tahun 2019 di Utara Papua dan Tahun 2020 di Barat Daya Bengkulu. Selain itu, sejak 2018 Balai Teknologi Survei Kelautan (Balai Teksurla) BPPT juga turut andil dalam pemetaan utilitas kabel laut Palapa Ring. Sebelumnya, pada era tahun 1999-2000, Balai Teksurla-BPPT juga ikut terlibat dalam pemetaan jalur pipa gas antara Pulau Batam-Singapura yang merupakan proyek pekerjaan dengan PT.PGN persero.

Dengan tersedianya data dan informasi dari kegiatan survei Ekstensi LKI yang ada dengan ditopang oleh teknologi kelautan yang memadai, sehingga ke depannya akan bermanfaat sebagai suatu pertimbangan dalam proses pemutakhiran data batimetri nasional, pengajuan perluasan Landas Kontinen dan pemetaan Utilitas Bawah Laut di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BPPT melalui Balai Survei Teknologi Kelautan memiliki peranan penting dalam ekosistem teknologi, khususnya dalam bidang teknologi kelautan. Demikian pula dengan Kapal-kapal Riset Negara lainnya yang dimiliki oleh beberapa Kementerian dan Lembaga Negara.  Dengan dengan bantuan teknologi yang tepat guna, tentu dapat mendukung program pemetaan batimetri nasional, infrastruktur,  utilitas bawah laut dan perluasan landas kontinen wilayah NKRI.

Read 20 times Last modified on Senin, 06 September 2021 11:44

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami