Written by  2021-02-26

SURVEI PEMETAAN TOPOGRAFI DASAR LAUT (BATIMETRI) UNTUK MENDUKUNG PEMASANGAN BUOY TSUNAMI DI PERAIRAN NIAS, ENGGANO, DAN SELAT SUNDA

(0 votes)

Kamis, 25 Februari 2021, Kapal Baruna Jaya III bertolak dari Pelabuhan Muara Baru, Jakarta menuju lokasi survei di sekitar Perairan Nias, Enggano dan Selat Sunda. Misi Baruna Jaya III pada survei kali ini adalah memetakan dasar laut di sekitar Nias, Enggano, dan Selat Sunda, yang rencananya akan dijadikan lokasi pemasangan buoy tsunami dalam program Indonesia Tsunami Early Warning System (Ina-TEWS). Survei akan dilaksanakan selama 15 hari, yaitu tanggal 25 Februari sampai 11 Maret 2021 yang melibatkan 17 personil dan 22 kru kapal.

Kapal Riset Baruna Jaya III telah dibekali "senjata baru" yang berupa Multibeam Echosounder (MBES) Kongsberg EM304. Alat tersebut memiliki kemampuan untuk memetakan dasar laut hingga kedalaman 8000 meter dan diharapkan dapat menambah kemampuan survei yang dimiliki Balai Teksurla BPPT. Selain itu, kapal Baruna Jaya III juga dilengkapi perlatan mounted dan portable dengan  rincian sebagai berikut:

 

Peralatan Survei

Tipe

Jumlah

Navigation and Positioning

DGNSS SBG Apogee System (Primary)

D-GNSS Trimble BX-992 (Secondary)

1 unit

1 unit

Multibeam Echosounder

Kongsberg EM304

1 Set

Singlebeam Echosounder

Syquest Bathy 2000 (Hull Mounted)

1 Set

Heading

SBG Apogee system

1 Set

MRU

SBG Apogee System

1 Set

CTD Profiler (SVP)

SBE 911+ (Primary)

AML Minos X (Secondary)

1 Set

1 Set

SSV

AML Micro X

1 Set

Side Scan Sonar

Edgetech 4200FS (Primary)

1 Set

Gravity Core

Kulenberg

1 Set

USBL

µ-Pap 200 Kongsberg

1 Set

Winch portable

Wire 2000m

1 Set

Plotter

HP

  1. Unit

 

Sedangkan untuk Kegiatan Operasi Survei meliputi kegiatan lintas laut yang dimulai dari Pelabuhan Muara Baru, kemudian menuju Selat Sunda untuk melakukan kalibarasi peralatan MBES sebelum digunakan untuk melakukan pemetaan. Setelah kalibrasi, kapal akan menuju lokasi survei.

Lintasan Survei Pemetaan Batimetri Kapal Baruna Jaya III

Read 103 times Last modified on Selasa, 16 Maret 2021 17:37

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami