Written by  2021-02-23

Pemasangan Buoy Pendeteksi Tsunami di Perairan Selatan Malang dan Selat Sunda Melalui Program Indonesia Tsunami Early Warning System (Ina-TEWS)

(0 votes)

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi melalui Balai Teknologi Survei Kelautan hari ini (23/2) melepas Kapal Riset Baruna Jaya IV untuk melakukan pemasangan pendeteksi tsunami di perairan selatan Malang dan Banten. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 23 Februari hingga 22 Maret 2021 mendatang yang melibatkan 27 personil scientis dan 21 awak kapal. 

Pada tahap pertama di tahun 2021 ini tim K.R. Baruna Jaya IV ditugaskan melakukan pemasangan 2 buah buoy Ina-TEWS tepatnya di Sumbermanjing (Malang) dan Selat Sunda. Tim peneliti dan perekayasa di K.R. Baruna Jaya IV ini terlebih dahulu melakukan observasi dasar laut yang meliputi survei bathimetri untuk pemetaan topografi dasar laut, survei geologi dasar laut dan survei pengambilan data Conductivity, Temperature, Depth (CTD) untuk tomografi. Observasi ini dilakukan untuk mengumpulkan data-data pendukung kegiatan buoy deployment.

Kegiatan Operasi Survei meliputi kegiatan lintas laut yang dimulai dari Pelabuhan Muara Baru Jakarta menuju PT. PAL Surabaya selama 3 hari untuk loading buoy, dilanjutkan dengan deployment buoy di perairan Sumbermanjing Malang. K.R. Baruna Jaya IV lalu menuju Pelabuhan Cilacap untuk pengisian logistik, kemudian melanjutkan kegiatan deployment buoy di Selat Sunda dan  kembali ke pangkalan Muara Baru Jakarta. Lintasan dan lokasi penempatan buoy dapat dilihat pada gambar dibawah ini:


Read 3 times Last modified on Rabu, 24 Februari 2021 15:36

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami