Written by  2020-03-09

PELATIHAN HIDRO-OSEANOGRAFI 2020 BALAI TEKNOLOGI SURVEI KELAUTAN – BPPT

(0 votes)

Pada Selasa (25/2) Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan, M. Ilyas, secara resmi membuka “Pelatihan Hidro-Oseanografi” di Ruang Rapat Balai Teksurla, Lantai 12 Gedung 2 BPPT, Jakarta. Dalam sambutannya, kepala Balai Teksurla mengungkapkan jika Pelatihan Hidro-Oseanografi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas generasi bangsa dalam ilmu kelautan agar dapat bersaing secara internasional.

Pelatihan yang baru pertama diselenggarakan oleh Balai Teksurla ini dinilai sukses dan rencananya akan dilaksanakan pelatihan berikutnya dengan menggandeng akademisi, instansi dan lembaga-lembaga terkait.

Rincian Kegiatan Pelatihan

Hari 1.

Pembukaan oleh Kepala Balai Teksurla di Ruang Rapat Balai Teknologi Survei Kelautan yang dilanjutkan dengan materi pembuka “Survei Hidrografi dan Geofisika” oleh
Ir. Djunaedi Muljawan, MSc. Kemudian, materi kedua dilanjutkan dengan materi “Survei Oseanografi” oleh Julianto Saut, S.Si. Setelah istirahat, materi dilanjutkan di ruang kelas workshop lantai 8 gedung parkir BPPT dan ditutup pukul 16:00 WIB.

Hari 2.

Materi “Multibeam Echosounder” dimulai pukul 08:30 WIB oleh Dwi Haryanto, S.T, M.T. di ruang kelas workshop lantai 8 gedung parkir BPPT. Pada hari kedua, seluruh materi berjalan dengan lancar dan peserta pelatihanpun antusias dengan materi yang dipaparkan oleh pemateri yang berpengalaman, seperti materi "Side Scan Sonar" oleh Rahadian, SSi., M.T dan materi Sub Bottom Profiler oleh Yudo Haryadi, ST.

Hari 3.

Pada hari terakhir pelatihan, 27 Februari 2020, peserta pelatihan dimobilisasikan menuju Muara Baru, Jakarta. Materi pertama “Pengenalan Alat” diisi oleh Anan Fauzi, S.T dan Cecep Sujana, S.T, M.T di Lounge Room KR Baruna Jaya I. Antusiasme peserta pelatihan memuncak ketika mereka berkesempatan untuk mengenal peralatan survei yang terpasang di KR Baruna Jaya I dan KR Baruna Jaya II secara langsung. Pada pengenalan yang dipandu oleh Anan Fauzi, S.T dan Omar Moefti, S.Si, para peserta menyimak dengan seksama dan terus mengajukan pertanyaan seputar topik yang sedang didiskusikan.

Setelah pengenalan alat-alat survei selesai, peserta pelatihan kembali ke kantor Balai Teknologi Survei Kelautan, Lantai 12 Gedung 2 BPPT, Jakarta untuk mengikuti penutupan. Pelatihan Hidro-Oseanografi ditutup oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha di Ruang Rapat Balai Teksurla dengan menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada peserta pelatihan. Pelatihan yang telah diselenggarakan pada 25-27 Februari 2020 ini ditutup langsung oleh Kepala Sub. Bagian Tata Usaha, Suyatmin. Sebanyak 21 peserta telah dibekali berbagai ilmu baru yang dibagikan oleh pemateri-pemateri senior di lingkungan Balai Teksurla, seperti materi “Survei Hidrografi dan Geofisika” oleh Djunaedi Muljawan, “Position, Navigation and Timing” oleh Imam Mudita, “Underwater Positioning (USBL) oleh Muhamad Irfan, “Sistem dan Peralatan navigasi Survei” oleh Hendra Kurnia, “Multibeam Echosounder” oleh Dwi Haryanto, “Side Scan Sonar” oleh Rahadian, “Sub Bottom Profiler” oleh Yudo Haryadi, dll.

 

 

Read 138 times Last modified on Senin, 09 Maret 2020 15:29

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami