Written by  2019-03-18

BIG RANGKUL BPPT USULKAN LANDAS KONTINEN EKSTENSI UTARA PAPUA KE PBB

(0 votes)

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi melalui unit kerja Balai Teknologi Survei Kelautan bekerjasama dengan Badan Informasi Geospasial Republik Indonesia melaksanakan kegiatan survei pemetaan landasan kontinen atau Landas Kontinen Ekstensi (LKE) di Wilayah Utara Papua.

Kerjasama tersebut disahkan dengan penandatanganan kontrak yang dilaksanakan pada 18 Maret 2019 di Ruang Rapat Pusat PKLP BIG, Cibinong, Bogor. Penandatanganan tersebut dihadiri oleh Deputi Kepala BPPT Bidang TIRBR, Dr. Wahyu W. Pandoe, Kepala Pusat Teknologi Pengembangan Sumberdaya Wilayah, Yudi Anantasena, M. Sc, Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan, Dr. M. Ilyas serta beberapa staf Balai Teksurla. Kepala Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai, Yosef Dwi Sigit Purnomi menyatakan "Saya berharap sinergi antar institusi kelautan di Indonesia dapat berkelanjutan menuju Indonesia Poros Kelautan Dunia, namun baru 11% luas laut di Indonesia yang tersurvei."

Telah disepakati, survei akan berlangsung selama 70 hari kalender, yaitu 2 April - 7 Juni 2019 yang dimulai dari Tanjung Priok. Muara Baru, Jakarta.

Balai Teknologi Survei Kelautan mengerahkan Kapal Riset Barunajaya I yang dilengkapi dengan teknologi canggih sistem pemetaan bathimetri Multibeam Echosounder (MBES) Teledyne Hydrosweep DS yang berfungsi sebagai sensor pengukur kedalaman di laut lepas hingga 11.000 m.

Survei ini dilaksanakan untuk memperoleh data batimetri MBES di perairan utara Papua yang dapat menentukan posisi foot of slope (FOS) yang digunakan dalam delimitasi batas terluar landas kontinen ekstensi di perairanutara Papua dan digunakan sebagai data pendukung untuk pengusulan penambahan wilayah Landas Kontinen di perairan utara Papua ke PBB.

 

kontributor : Belinda

Read 247 times Last modified on Rabu, 22 Mei 2019 10:56

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami