Written by  2021-06-09

HUT 32 TAHUN BARUNA JAYA BPPT: DEKLARASI PAKTA INTEGRITAS DAN PELUNCURAN BUKU

(1 Vote)

Balai Teknologi Survei Kelautan (Balai Teksurla) – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyelenggarakan rangkaian HUT 32 tahun Baruna Jaya BPPT secara luring maupun daring pada Rabu, 9 Juni 2021 bertempat di Ruang Solid, Smart, Speed Gedung BJ Habibie Lantai 3. Rangkaian acara tersebut terdiri dari deklarasi pakta integritas Balai Teksurla dalam Pembangunan Zona Integritas dan peluncuran buku “3 Dekade Baruna Jaya” yang dibuka langsung oleh Kepala BPPT, Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc.

 

Acara HUT 32 tahun Baruna Jaya BPPT menjadi semakin mengharukan karena dihadiri oleh founding fathers Baruna Jaya – BPPT yaitu Prof. Dr. Ir. Indroyono Soesilo, M.Sc. Selain itu, nampak juga beberapa tokoh pejabat terdahulu Balai Teksurla yang turut hadir, seperti Dipl. Ing. Basrie M. Ganie, M.Sc, Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin, M.Sc., Deputi TPSA BPPT Ir. Yudi Anantasena, M.Sc., Deputi TIRBR BPPT Dr. Ir. Wahyu Widodo Pandoe, M.Sc., Kepala Inspektorat BPPT Ir. Makmuri, M.M., Direktur PTPSW BPPT Dr. Agustan, S.T., M.Sc., Kepala BBTMC BPPT Jon Arifian, S.Si., M.Si., serta alumni Balai Teksurla lain seperti Ir. Anny Kustantiny, M.Bus., Drs. Sutedjo, Slamet Sudarto, M. Firdaus Manti, Bambang Herunadi, dan lain – lain.

 

Deklarasi Pakta Integritas

HUT 32 tahun Baruna Jaya BPPT menjadi cambuk bagi Balai Teksurla untuk mempertahankan komitmennya yaitu Your Leading Partner in Marine Survey di Indonesia. Maka dari itu, penandatanganan dan deklarasi Pakta Integritas dilakukan oleh seluruh lapisan pegawai Balai Teksurla yang meliputi berbagai jabatan struktural maupun fungsional seperti Peneliti, Perekayasa, Arsiparis, Litkayasa, Jabatan Pelaksana dan PPNPM sebagai sebuah bukti integritas.

Dalam mendongkrak pembangunan zona integritas Balai Teksurla, telah disusun 6 komponen pengungkit yaitu manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

 

Peluncuran Buku “3 Dekade Baruna Jaya”

Menurut Kepala Balai Teksurla, Djoko Nugroho S.T., M.T., IPU., peluncuran buku “3 Dekade Baruna Jaya” menjadi sebuah bagian dari akuntabilitas organisasi. Buku “3 Dekade Baruna Jaya” menjadi sebuah rekaman sejarah sekaligus bukti preatasi yang telah diukir oleh Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT sejak KR Baruna Jaya tiba di Indonesia pada 1989 lalu. “Mengabdi untuk Kejayaan Maritim NKRI” merupakan kata yang tepat untuk merepresentasikan kiprah Balai Teknologi Survei Kelautan selama 32 tahun terakhir. Secara detil, buku ini berisi sejarah serta dokumentasi kegiatan pelaksanaan riset, observasi, inovasi dan layanan teknologi serta bakti teknologi survei kelautan baik yang berskala nasional maupun internasional yang dimulai dari tahun 1989 hingga 2021.

Kepala BPPT, Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc., menyatakan bahwa BPPT dikenal masyarakat karena 2 hal, yang pertama adalah Baruna Jaya dan modifikasi cuaca. Menurutnya, hal tersebut terjadi karena peran serta bakti teknologi yang telah dilakukan selama 32 tahun terakhir untuk Indonesia. Misalnya saja, KR Baruna Jaya I berhasil menemukan black box pesawat terbang Lion Air JT61 di perairan Tanjung Karawang pada 2018 silam. Oleh karena itu, Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc. melanjutkan, Baruna Jaya menjadi satuan unit kerja yang terkuat dan utama dalam survei kelautan di Indonesia.

Read 217 times Last modified on Selasa, 15 Juni 2021 17:36

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami