Written by  2021-04-23

KNKT Meminta BPPT untuk Bergabung dalam Operasi SAR Kapal Selam KRI Nanggala 402

(0 votes)

Rabu (21/4) lalu, Ketua Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono, telah bersurat kepada Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Hammam Riza, untuk mengirimkan tenaga ahlinya dalam operasi SAR Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang hilang kontak pada Rabu, 21 April 2021 di perairan utara Bali.Kebutuhan tenaga ahli tersebut berkaca dari keberhasilan K.R. Baruna Jaya IV BPPT dan tenaga ahlinya, yang berhasil menemukan suspect kapal MV. Nur Allya di dasar laut pada kedalaman 540 meter, pada September 2020. Selain itu, BPPT pun berhasil mengidentifikasi KM. Sinar Bangun yang karam di Danau Toba pada 2018 silam.  

Pengalaman dalam operasi SAR selama ini, BPPT selalu menjadi andalan KNKT, yang selama ini telah berhasil secara langsung dan tidak langsung dalam upaya SAR dan investigasi kecalakaan transportasi khususnya di laut atau air.

Dalam penjelasannya, Kepala BPPT, Hammam Riza menyampaikan, bahwa saat ini KNKT meminta tenaga ahli kami untuk ikut diberangkatkan untuk ikut mengoperasikan dan  melakukan pengolahan data dari peralatan magnetometer  yang akan di install di kapal BASARNAS yang sudah bersiap di Pelabuhan Banyuwangi dan kemudian akan bergabung dengan Tim Gabungan SAR KRI Nanggala.

“Sesuai prosedur SAR, pendeteksian awal dengan magnetometer untuk mencari anomaly medan magnet yang mungkin ditumbulkan oleh suspect kapal selam harus diikuti dengan pencarian lanjutan dengan pengambilan gambar objek suspect dengan Side Scan Sonar dan Magnetometer, untuk mendapatkan gambaran 3 dimensi yang jelas dari objek sekaligus dimensi objek,” Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan Djoko Nugroho menambahkan, “dan kami siap menerima permintaan  untuk mendukung langkah lanjutan pencarian kapal selam”.

Tim Gabungan SAR yang terdiri dari Basarnas, KNKT, BPPT,  PPGL, TNI dan asset SAR nasional lainnya, saling bekerjasama dan saling mendukung untuk segera menemukan keberadaan kapal selam KRI Nanggala.

Read 160 times Last modified on Jumat, 30 April 2021 12:10

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami