Written by  2019-10-30

BPPT SERAHKAN LAPORAN HASIL SURVEI LANDAS KONTINEN INDONESIA PADA BIG

(1 Vote)

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Balai Teknologi Survei Kelautan menyelenggarakan “Pemaparan dan Penyerahan Hasil Survei Bathimetri Survei Landas Kontinen Indonesia (LKI) di Utara Papua” pada Selasa 29 Oktober 2019 di Hotel Grand Sahid, Jakarta. Penyerahan laporan hasil survei bathimetri secara simbolis dilakukan langsung oleh Kepala BPPT, Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc kepada Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Prof. Dr. Hasanuddin Z Abidin, M.Sc.

Acara tersebut dihadiri oleh kementerian dan lembaga lain yang terlibat dalam survei LKI, yaitu Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, BIG, BPPT, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Sekretariat Kabinet, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, BMKG, LIPI, Pushidrosal TNI, ITS, UNDIP serta undangan lainnya.

Kerja sama swakelola antara BPPT dan BIG telah ditandatangani pada tanggal 18 Maret 2019 di BIG, Cibinong, Bogor. Kerja sama tersebut dalam rangka Survei Landas Kontinen Indonesia menggunakan wahana Kapal Riset Baruna Jaya I. Tujuannya adalah melakukan survei batimetri multibeam untuk mendapatkan gambaran morfologi dasar laut yang nantinya digunakan untuk penentuan titik-titik Foot of Slope (FOS) dalam rangka delimitasi batas terluar LKI di perairan utara Papua. Teknologi utama yang digunakan pada KR Baruna Jaya I adalah menggunakan alat Multibeam Echosounder Teledyne Hydrosweep DS, yakni alat untuk survei dan pemetaan Laut Dalam dengan kemampuan mencapai kedalaman 11.000 m. Dengan sistem Multibeam Echosounder tersebut, KR Baruna Jaya I berhasil mendapatkan model 3D morfologi dasar laut perairan di Utara Papua.

Dalam sambutannya, Kepala BPPT berharap agar kerja sama antar lembaga-lembaga negara tersebut dapat terus terjalin dengan harmonis sebagai wujud sikap nasionalisme dan cinta tanah air NKRI untuk membangun Indonesia yang lebih maju dan mandiri.

Read 58 times Last modified on Rabu, 30 Oktober 2019 18:27

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami