Written by  2019-07-31

SURVEI ENVIRONMENTAL BASELINE ASSESSMENT (EBA)

(0 votes)

Dalam dunia pertambangan, pembuangan limbah harus memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan.  Mengingat besarnya dampak yang disebabkan oleh aktifitas tambang, diperlukan upaya-upaya pengelolaan yang terencana dan terukur.  PT Cahaya Mining Services (CMS) sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan harus melakukan pengelolaan limbah pertambangan (tailing) agar tidak membahayakan lingkungan. Untuk itu diperlukan survei Environmental Baseline Assesment (EBA) untuk mengetahui karakteristik perairan di rencana lokasi pembuangan limbah.

PT CMS bekerja sama dengan Balai Tekologi Survei Kelautan melakukan kerja sama dalam survei EBA di daerah Morowali, Sulawesi Tengah dan Weda, Maluku Utara.

Maksud dan Tujuan

Maksud dari kegiatan ini adalah dalam rangka survei EBA untuk mengetahui karakteristik area pembuangan limbah (tailing). Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan survei EBA di perairan Morowali dan Weda.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan operasi ini dilaksanakan mulai tanggal 30 Juni – 6 Agustus 2019 yang dimulai dari pelabuhan Muara Baru (Jakarta) menuju perairan Morowali di Sulawesi Tengah dan perairan Weda di Maluku Utara. Selama pelaksanaan survei K.R. Baruna Jaya IV akan melakukan sandar (pengisian BBM, logistic, dan crew change) di dermaga Kendari (Sulawesi Tenggara) dan Dermaga Ternate (Maluku Utara).

Jalur Pelayaran Muara Baru – Perairan Morowali

Jalur Pelayaran Muara Baru – Perairan Morowali

Jalur Pelayaran Kendari – Teluk Weda

Jalur Pelayaran Kendari – Teluk Weda

Jalur Pelayaran Teluk Weda - Muara Baru

Jalur Pelayaran Teluk Weda - Muara Baru

Wahana dan Peralatan Survei

Wahana yang digunakan dalam kegiatan ini adalah KR. Baruna Jaya IV, peralatan yang digunakan selama survei EBA, dapat dilihat pada tabel berikut :

No

Peralatan

Jumlah

1

DGPS Cnav 2050

 1 set

2

GPS Gyro Hemiphere V113

 1 set

3

MBES ELAC Seabeam 3050

 1 set

4

CTD SBE 911

 1 set

5

CTD SBE 19Plus V2

 1 set

6

MRU Kongsberg 5+

 1 set

7

CTD Rinko ASTD102

 1 set

8

Dongle hypack 6.2a

1 unit

9

SBP Oretech 3010S

 1 set

10

ADP Sontek 500 Khz

 1 set

11

CM Valeport 108 MKII

 1 set

12

Grab Sampling Besar

1 set

13

Box Corer

1 set

14

plankton net

3 unit

 

Survei ini melibatkan personil yang terdiri atas 17 scientis, 1 orang paramedis, 1 orang Security Officer dan 20 kru kapal. Ketua Tim Survei ini yaitu Dr. Endro Soeyanto, M.Sc dengan Anwar Latief, A.Md sebagai nakhoda.

 

Read 156 times Last modified on Jumat, 09 Agustus 2019 11:28

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami