Written by  2019-07-29

SURVEI PEMETAAN BAWAH LAUT PADA AREA LANDAS KONTINEN INDONESIA DI PERAIRAN UTARA PAPUA

(0 votes)
Kapal Baruna Jaya I sandar di Pelabuhan Jayapura, Papua
Kapal Baruna Jaya I sandar di Pelabuhan Jayapura, Papua

Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai lembaga pemerintah Republik Indonesia akan melaksanakan kegiatan Survei Landas Kontinen di Wilayah Utara Papua. Pelaksanaan tersebut akan diserahkan kepada BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) melalui unit teknis Balai Teknologi Survei Kelautan (Balai Teksurla) sebagai pelaksana kegiatan.

Balai Teksurla BPPT akan menyiapkan KR Baruna Jaya I untuk melaksanakan kegiatan survei pemetaan Landas Kontinen di perairan utara Papua. Survei pemetaan Landas Kontinen ini bertujuan untuk menyiapkan data primer batimetri untuk menentukan batas penambahan wilayah Landas Kontinen atau disebut Landas Kontinen Ekstensi (LKE) dengan metode FOS (foot of slope). Selain itu, survei ini juga untuk menyiapkan data primer batimetri untuk membuktikan bahwa daratan Papua itu menerus sampai ke Eauripik Rise di Samudera Pasifik yang sebagian besar sudah diusulkan sebagai penambahan Landas Kontinen dari masing-masing negara yang berbatasan di sekitar Eauripik Rise tersebut.

KR Baruna Jaya I BPPT yang dilengkapi dengan sistem pemetaan batimetri Multibeam Echosounder (MBES) Teledyne Hydrosweep DS, dapat melaksanakan survei batimetri untuk keperluan penambahan wilayah Landas Kontinen tersebut. Selanjutnya data batimetri MBES tersebut akan diolah dan diinterpretasi untuk digunakan sebagai data pendukung yang akan digunakan sebagai landasan argumen oleh BIG sebagai wakil instansi pemerintah Republik Indonesia untuk pengusulan penambahan (program submisi) wilayah Landas Kontinen di perairan utara Papua ke PBB.

Maksud dan Tujuan

  • Maksud kegiatan ini adalah untuk mendukung pelaksanaan survei program submisi BIG dalam rangka Landas Kontinen Ekstensi Indonesia di utara Papua, dengan menggunakan KR Baruna Jaya I BPPT yang dilengkapi sistem pemetaan MBES Teledyne Hydrosweep DS.
  • Tujuannya adalah untuk memperoleh data batimetri MBES di perairan utara Papua yang dapat dimanfaatkan untuk menentukan posisi foot of slope (FOS) yang akan digunakan dalam delimitasi batas terluar landas kontinen ekstensi di perairan utara Papua.

Pelaksanaan kegiatan survei ini dilaksanakan mulai dari tanggal 12 Juni 2019 dan direncanakan selesai pada tanggal 23 September 2019 yang dimulai dari pelabuhan Muara Baru di Jakarta menuju perairan di Utara Papua (survei batimetri) dan kembali lagi ke Muara Baru.

Tempat pelaksanaan survei direncanakan di sekitar perairan utara Papua, yakni di sekitar perairan utara Kota Jayapura, dan di perairan internasional.

Gambar 1. Lokasi Survei Landas Kontinen di Wilayah Utara Papua

Wahana yang akan digunakan dalam survei ini adalah KR Baruna Jaya I yang dikelola oleh Balai Teksurla BPPT. Wahana ini dilengkapi dengan peralatan survei yang berfungsi untuk pengukuran kedalaman dengan metode multibeam echosounder. KR Baruna Jaya I ini juga merupakan wahana yang mampu melaksanakan survei di laut lepas (ocean going), sehingga mampu membawa personil beserta logistiknya dalam waktu yang cukup lama. Personil dalam kegiatan ini melibatkan sejumlah peneliti, perekayasa, teknisi, dan kru kapal dari Balai Teksurla BPPT. Institusi yang telibat dalam survei LKI ini yaitu BIG, LIPI, KKP, Pushidrosal, ITS dan UNDIP. Ketua Tim Survei LKI yaitu Hendra Kurnia Febriawan, M.Sc, dengan Ishak Ismail sebagai nakhoda.

Peralatan utama yang digunakan pada kegiatan survei ini terdiri dari alat atau sensor untuk pengukuran kedalaman di laut lepas, yaitu Multibeam Echosounder (MBES). Peralatan pendukungnya adalah alat penentuan posisi yang akurat, alat penentuan arah (heading), dan sensor pengukuran salinitas air laut guna diperoleh data kecepatan suara dalam kolom air.

Alat penentuan posisi yang digunakan adalah alat DGPS (differential GPS) yang dapat menghasilkan nilai posisi yang akurat di bawah 1 meter. Posisi yang akurat ini diperoleh dari koreksi global untuk master GPS receiver yang dipasang di KR Baruna Jaya I. Penentuan arah diperoleh dari alat gyrocompass dengan ketelitan di bawah 1o.

Tabel Daftar Peralatan Survei

SURVEI BATIMETRI

Alat

Tipe

Jumlah

Navigasi

DGPS Hemisphere R330

1 unit

Antena A43

1 unit

DGPS C-Nav 2050

1 unit

Multibeam Echosounder

DEU Hydrosweep DS

1 unit

AEU Hydrosweep DS

1 unit

ICU Hydrosweep DS

  1 unit

Transducer Hydrosweep DS

2 set

Sound Velocity Profile AML Minos X

1 unit

Sound Velocity keel Sensor Micro X

1 unit

TSS Saturn 10 Fiber Optic Gyro Compass

1 unit

Komputer & Software PDS 2000

2 set

Sistem akuisisi dan Processing

Echosounder Sqwest Bathy 2000

1 unit

 

Komputer & Software Hypack ver 6.2b

1 set

CTD Profiler (SVP Backup)

SBE 911+

1 Set

 

 

 

Read 33 times Last modified on Kamis, 01 Agustus 2019 09:44

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami