baruna jaya
Kamis, 28 September 2017 15:42

Kerjasama Kemaritiman BPPT dengan BAKAMLA

Pada hari Selasa tanggal 26 September 2017 pukul 14.30, telah dilaksanakan penanda tanganan Nota Kesepahaman / Memorandum of Understanding (MoU)  “ PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI KEMARITIMAN “ antara Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi oleh Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Ari Soedewo SE, MH dan Kepala BPPT Dr.Ir. Unggul Priyanto MSc. di Kantor BAKAMLA, Jl. Dr. Soetomo, Jakarta Pusat.

FGD NSTP Maritim ini diselenggarakan oleh Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT pada tanggal 15 Agustus 2017, di ruang komisi 2 dan 3, gedung II BPPT – Jakarta.  Kepala BPPT Dr.Ir. Unggul Priyanto MSc. memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut.

Pada tanggal 3 Juni 2017, Board of Executives/BOE BPPT melakukan kunjungan kerja ke Kapal Riset Baruna Jaya III BPPT yang tengah sandar di Pelabuhan Benoa Bali dalam kegiatan survei kelautan untuk program Palapa Ring Timur. Rombongan pejabat BPPT yang hadir yaitu Sestama, para Deputi, Kepala Inspektorat, Kepala Pusyantek, serta Kepala Biro Hukum, Kerjamasama dan Humas.  Beberapa undangan yang juga hadir di acara tersebut antara lain Direktur utama PT. EGS dan Direktur Utama BP3TI Kemkominfo.

Sea trial Kapal Riset Baruna Jaya IV dilakukan oleh tim Balai Teknologi Survei Kelautan (Balai Teksurla) – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk mengetahui hasil perbaikan kapal. Pengujian pada pelayaran ini merupakan uji coba mesin keseluruhan meliputi uji compasshern untuk kalibrasi kompas, uji kecepatan, uji kemudi untuk mengetahui waktu yang diperlukan oleh kapal untuk berputar secara penuh (3600) baik ke kanan maupun ke kiri dan uji pitch untuk mengetahui kecepatan maksimal kapal saat maju dan mundur.

Kapal Baruna Jaya III milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi  (BPPT), 7 Mei 2017 pukul 08.00 WIB bertolak dari Pelabuhan Nizam Zachman untuk menjalankan kegiatan survei jalur kabel Palapa Ring Timur. Pelepasan kapal dalam rangka menunjang program perluasan jaringan komunikasi se-Indonesia ini merupakan kerjasama dengan PT. EGS Indonesia.

Pada tanggal 26 April 2017, Seketaris Utama BPPT, Dr. Soni Solistia Wirawan, M.Eng, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam (TPSA), Prof. Ir. Wimpie Agoeng N Aspar, PhD, Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan (Dr. M. Ilyas) dan para Troika Balai Teksurla mengunjungi docking Kapal Baruna Jaya IV  di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Tepatnya di PT. Dok Duasatu Nusantara, rombongan tiba pada pukul 13.30 WIB. Doking merupakan kegiatan memindahkan kapal dari air/laut ke daratan (tempat dock) untuk menjalankan pemeliharaan kapal yang periodik yang harus dijalankan sebuah kapal untuk mengembalikan fungsi dan performa kapal.

Pada tanggal 11 April 2017, SMP Labs School Kaizen mengunjungi Kapal Riset Baruna Jaya di Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara. Total siswa yang mengikuti studi lapangan ini sebanyak 120 orang yang berasal dari kelas 7,8 dan 9. Rombongan siswa tersebut  didampingi oleh 10 orang guru. Rombongan tiba di Muara Baru pada pukul 10.00 WIB.

Oil and Gas Technology Update (OGTU)  2017 SKK MIGAS – BPPT Ke-1, dilaksanakan pada tanggal 10 April 2017 di SKK Migas, City Plaza, Jakarta.  Kegiatan tersebut diawali dengan penandatanganan MoU antara BPPT dan SKK Migas, yaitu oleh Kepala BPPT Dr. Unggul  Priyanto dan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi.  Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan Model Test (SEAKEEPING  TESTS) dari Balai Teknologi Hidrodinamika (BTH) Surabaya kepada SKK Migas. Acara dilanjutkan dengan peninjauan Pameran Kegiatan BPPT yang terkait dengan industri Migas.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui unit teknisnya Balai Teknologi Survei Kelautan (Balai Teksurla) merupakan institusi yang mengelola empat buah kapal riset, Baruna Jaya I, II, III dan IV, memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar untuk negara.

Kajian stok sumber daya perikanan menempati peringkat utama dalam langkah-langkah pengelolaan sumberdaya, kajian ini nantinya dapat dipergunakan sebagai landasan untuk merumuskan kebijakan pengelolaan sumber daya perikanan secara cermat dan akurat.

Halaman 1 dari 5

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami