Written by  2017-04-22

Field Trip SMP Labs School Kaizen ke Kapal Riset Baruna Jaya I & II

(0 votes)

Pada tanggal 11 April 2017, SMP Labs School Kaizen mengunjungi Kapal Riset Baruna Jaya di Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta Utara. Total siswa yang mengikuti studi lapangan ini sebanyak 120 orang yang berasal dari kelas 7,8 dan 9. Rombongan siswa tersebut  didampingi oleh 10 orang guru. Rombongan tiba di Muara Baru pada pukul 10.00 WIB.

Agar kunjungan berjalan maksimal, rombongan siswa dibagi menjadi 4 kelompok, 2 kelompok mengunjungi kapal Baruna Jaya I dan 2 kelompok lainnya mengunjungi kapal Baruna Jaya II. Saat berada di masing-masing kapal Baruna Jaya I & II, 2 kelompok dipecah kembali, 1 kelompok mengunjungi anjungan dan 1 kelompok mengunjungi Lounge room.

 

Materi yang diberikan pada saat di anjungan adalah mengenai peralatan kapal, navigasi dan positioning. Pemberian materi di anjungan dilakukan oleh Mualim kapal, materi yang diberikan di lounge room mengenai Kapal Baruna Jaya secara umum. Pemateri di lounge room dilakukan oleh para scientist Balai Teksurla dibantu crew kapal.

Para siswa juga mengunjungi deck, untuk mendapat penjelasan mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT. Pemateri di bagian ini berasal dari teknisi muda Balai Teksurla.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 jam, berakhir pada pukul 12.00 WIB. Kemudian dilanjutkan istirahat dan makan siang bersama. Pada pukul 13.00 WIB, para siswa beserta crew Baruna Jaya melakukan sesi foto bersama. Rombongan SMP Labs School Kaizen meninggalkan Kapal Baruna Jaya pada pukul 13.30 WIB. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan para siswa akan kegiatan riset dan observasi kelautan yang dilakukan BPPT dalam rangka menunjang pengembangan kemaritiman di Indonesia.

Read 280 times Last modified on Senin, 29 Mei 2017 14:52

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami