Written by  2017-03-13

PT. Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) Berbagi Pengalaman Desain Akuisisi Seismik Laut 2D untuk Eksplorasi Gas Biogenik

(1 Vote)

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui unit teknisnya Balai Teknologi Survei Kelautan (Balai Teksurla) merupakan institusi yang mengelola empat buah kapal riset, Baruna Jaya I, II, III dan IV, memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar untuk negara.

Upaya-upaya yang dilakukan oleh BPPT diharapkan dapat memberikan dampak yang besar bagi kemandirian bangsa. Salah satu kapal riset yag dimiliki oleh BPPT dan didedikasikan khusus sebagai kapal seismik 2D sejak tahun 2006 adalah KR Baruna Jaya II.

K.R. Baruna Jaya II telah melakukan berbagai macam survei seismik baik untuk eksplorasi migas, dengan bekerjasama dengan Pertamina, Elnusa, dan Baruna Nusantara Energi (BNE), serta melakukan riset Landas Kontinen Indonesia (LKI) di utara Papua pada tahun 2009 dan di barat Sumatera pada tahun 2010, namun kemampuan sumberdaya manusia di Balai Teksurla perlu ditingkatkan.

Pada tanggal 9 Februari 2017 Balai Teksurla mengundang Manager Operasional Departemen Subsurface PT. Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ), Bapak Agus Warmar Rasa, untuk membagikan pengalaman timnya dalam eksplorasi gas dangkal di area PHE ONWJ.

Presentasi mengenai Parameter Akuisisi Seismik disampaikan oleh Bapak Nuruddin Mahmud dan Gun Analisis disampaikan oleh bapak Deny Martian. Kegiatan diadakan di Ruang Rapat Balai Teksurla, Gedung II BPPT Lantai 12, Jl. MH Thamrin 8 Jakarta Pusat. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia di Balai Teksurla sekaligus mempererat hubungan kerjasama antara BPPT dan PHE ONWJ

Read 468 times Last modified on Kamis, 16 Maret 2017 10:20

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami