Written by  2015-08-31

Kunjungan Peserta ASEAN+3 Junior Science Odyssey ke Kapal Baruna Jaya IV

(0 votes)

ASEAN Plus Three (ASEAN+3) Junior Science Odyssey (APT JSO) merupakan acara tahunan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi untuk anak muda berusia 13-15 tahun. Program ini di bawah naungan ASEAN Plus Three (Jepang, Korea dan Cina) Committe on Science and Technology (ASEAN +3 COST). APT JSO I diselenggarakan pada tahun 2012 di Brunei Darussalam. APT JSO kali ini merupakan APT JSO IV yang diselenggarakan di Indonesia dengan BPPT, Kementrian Riset dan Teknologi, serta Kementrian Komunikasi dan Informatika sebagai penyelenggara.

Pada hari Rabu, tanggal 26 Agustus 2015, 81 orang peserta APT JSO IV ini mengunjungi kapal Baruna Jaya IV. Peserta APT JSO IV ini berasal dari berbagai negara dari ASEAN+3, Indonesia, Singapura, Laos, Vietnam, Filipina, China, Kamboja, Malaysia, Brunei Darussalam, China, Korea Selatan, Swedia dan Taiwan. 81 peserta ini dibagi menjadi 4 team yang masing-masing team didampingi oleh Group Leader (tour guide) dari internal Balai Teknologi Survei Kelautan. Acara ini dilaksanakan di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Kontingen disambut Welcoming Speech oleh Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan, Dr. Wahyu W. Pandoe didampingi Ir. Anny Kustantiny, M.Bus.

Welcoming Speech

Secara bergantian, masing-masing tim mengunjungi beberapa ruangan kapal. Di lounge room utama siswa-siswa yang rata-rata masing duduk sekolah menengah pertama ini mendapatkan paparan mengenai profil Balai Teknologi Survei Kelautan yang disampaikan oleh Dr. Agus Sudaryanto yang dilanjutkan diskusi dan tanya jawab.

Di anjungan mereka mendapatkan pengenalan mengenai kenavigasian kapal dan peralatan yang digunakan dalam pelayaran yang langsung diperkenalkan oleh Capt. Tiur Maida yang didampingi oleh para perwira kapal.

Diperkenalkan juga mengenai dasar-dasar teknologi survei pemetaan dasar laut menggunakan perangkat multibeam echosounder oleh para perekayasa Balai Teknologi Survei Kelautan yang dijelasakan langsung di ruang akuisisi. Sedangkan di deck utama, peserta diperlihatkan beberapa peralatan survei laut lainnya seperti side scan sonar, CTD, sampling sedimen, serta replika perangkat sistem peringatan dini tsunami.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama seluruh peserta APT JSO IV, kepala Biro Perencanaan BPPT, manajemen dan staf Balai Teksurla serta kru Baruna Jaya IV.

Read 1035 times Last modified on Selasa, 07 Maret 2017 10:39

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami