Written by  2015-08-27

Pelatihan Pengolahan Rumput Laut Untuk Peningkatan Nilai Tambah Sumber Daya Alam Kelautan

(0 votes)
Pembukaan Pelatihan Pengolahan Rumput Laut
Pembukaan Pelatihan Pengolahan Rumput Laut

Pada bulan Agustus tahun 2015 ini merupakan bulan yang sibuk untuk Balai Teknologi Survei Kelautan. Berbagai kegiatan dilaksanakan di bulan Agusutus 2015. Salah satunya adalah kegiatan Pengolahan Rumput Laut di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Acara ini  diselenggarakan oleh kelompok kegiatan Penerapan dan Pelatihan Teknologi Pengembangan SDA Kelautan Paska Panen/Tangkap dari program National Science & Technopark Maritim Penajam Paser Utara (NSTP Maritim PPU), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang bekerja sama dengan Balai Besar Pengujian dan Penerapan Hasil Perikanan (P2HP) Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Pelatihan Pengolahan rumput laut ini diadakan selama 6 hari,dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 15 Agustus 2015. Jumlah peserta acara pelatihan ini sebanyak 150 orang pengolah rumput laut dari 15 kelompok/pokdakan yang berasal dari berbagai desa. Pelatihan kali ini bertujuan untuk melatih para pengolah rumput laut dalam mengolah rumput laut skala home industry baik untuk produk konsumsi dan non konsumsi.

 

Sebanyak 150 peserta dibagi menjadi 3 kelompok besar, yang masing-masing kelompok sebanyak 50 peserta. Masing-masing kelompok mendapat pelatihan selama 2 hari. Tanggal 10-11 Agustus 2015 untuk kelompok I, tanggal 12-13 Agusutus 2015 untuk kelompok II, tanggal 14-15 Agustus 2015 untuk kelompok III. Pada hari pertama pelatihan mereka diberikan pelatihan pengolahan rumput laut berupa produk konsumsi, yaitu selai rumput laut, mie rumput laut, pie rumput laut, sirup dan manisan rumput laut. Sedangkan pada hari kedua diberikan pelatihan pengolahan rumput laut untuk produk non konsumsi yang berupa lotion rumput laut dan sabun transparan rumput laut.

Pelatihan ini dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 di kantor Bupati Penajam Paser Utara, acara tersebut diawali dengan sambutan Kepala BPPT yang diwakili oleh Kepala Program NSTP Maritim , Dr. Imam Mudita. Setelah itu, acara pelatihan ini dibuka langsung oleh Bupati Penajam Paser Utara, Drs. H. Yusran Aspar, M.Si. Acara kemudian dilanjutkan presentasi dari beberapa narasumber, yaitu Ir. Anny Kustantiny, M.Bus (BPPT), Natalia Prodiana S, S.Pi, M.Si. (Balai Besar P2HP KKP) dan Nur Mulani (Bank Ibadurrahman, Penajam Paser Utara).

Setelah pembukaan usai, para peserta yang tergabung dalam kelompok I langsung menuju hotel IKA untuk memulai pelatihan pengolahan rumput laut. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini, acara ini juga diselingi lomba yel-yel dan poco-poco. Narasumber pelatihan pengolahan ini yaitu Natalia Prodiana S, S.Pi, M.Si dan Sisil Yuanita, BBM.

Pelatihan Pembuatan Sabun Transparan Rumput Laut

Pada hari sabtu, 15 Agustus 2015 acara ditutup oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Ahmad Usman. Selama penutupan, beberapa peserta memberikan kesan selama mengikuti pelatihan, antara lain  Salbiyah, ia mengatakan sangat beruntung dapat mengikuti pelatihan ini, ia sudah membuat 13 varian produk olahan rumput laut konsumsi, dengan adanya kegiatan ini, ia berkeinginan untuk menambah varian produk khususnya olahan non konsumsi dengan mengaplikasikan ilmu yang ia dapat selama pelatihan.

Selain itu ada H. Bire dari kelompok Sinar Bone. Ia mengatakan keinginan kelompoknya untuk merambah pengolahan rumput laut, selama ini produknya berupa amplang bandeng.

Hasil Olahan Rumput Laut

Produk-produk non pangan yang diajarkan dalam pelatihan ini membuka peluang UKM-UKM untuk menjalin bisnis dengan hotel-hotel dalam memasok keperluan akan sabun dan lotion dari bahan rumput laut yang berasal dari Kabupaten Penajam Paser Utara.

Read 2352 times Last modified on Senin, 31 Agustus 2015 11:04

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami