Written by  2018-06-28

BPPT Terlibat Dalam Pencarian KM. Sinar Bangun di Danau Toba

(0 votes)

Selasa, 26 Juni 2018 Tim BPPT dari unit Balai Teknologi Survei Kelautan (BTEKSURLA) , Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur (B2TKS) dan PT.PADI berangkat ke Danau Toba untuk membantu pencarian korban tenggelamnya kapal KM. Sinar Bangun.

Tim BPPT berangkat dari halim bersama rombongan Tim SAR dengan menggunakan Pesawat Hercules CN-235 TNI-AU menuju Bandara Silangit.

                                   Gambar 1. Proses Pengiriman ROV BPPT Menuju Bandara Silangit

BPPT mengirimkan tim tenaga ahli bersama alat Remote Operated Vehicle (ROV) dan Magnetometer. Alat tersebut berfungsi untuk memvalidasi objek yang diduga K.M. Sinar Bangun. ROV adalah alat yang dapat bergerak masuk sampai ke dasar laut dilengkapi kamera bawah laut sehingga dapat melihat objek dalam jarak dekat. Magnetometer adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi benda logam (besi) di permukaan dasar laut.

Setelah alat dimobilisasi dengan menggunakan truk dari Silangit ke Lokasi Posko Basarnas di Pelabuhan Tigaras, kemudian alat diinstalasi. Kegiatan dilanjutkan keesokkan harinya, Rabu 27 Juni 2018 dengan diawali kordinasi antar Tim yang dipimpin oleh Kepala Basarnas, Marsekal Madya Saugy yang didukung oleh Kemenkomaritim, BPPT, Pushidrosal TNI, BMKG, PT. PADI dan PT.MGS. Kegiatan instalasi dan uji coba dimulai pagi hari dan pada siang hari ROV diturunkan pada lokasi suspek tenggelamnya K.M Sinar Bangun . ROV diturunkan sampai ke dasar danau sekitar kedalaman 440 m – 490 m. Pemantauan hasil rekam dasar laut dipantau bersama-sama oleh tim Basarnas dan BPPT di posko pengamatan darat.

                                                          Gambar 2. Penurunan ROV ke dasar Danau Toba

Pencarian lokasi kapal karam dengan menggunakan ROV BPPT membuahkan hasil dengan didapatkan profil gambar motor dan beberapa korban penumpang K.M. Sinar Bangun di kedalaman 450 meter.

                             Gambar 3. Hasil gambar dari kamera ROV BPPT di dasar Danau Toba (kedalaman 450 m)

Read 228 times Last modified on Senin, 09 Juli 2018 13:58

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami