Written by  2018-07-02

Kapal Riset BARUNA JAYA I Mendukung Survei Untuk Pemasangan Kabel Optik di Perairan Palu-Dili-Kupang

(0 votes)

Jumat (29/6), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Balai Teknologi Survei Kelautan (Balai Teksurla) melakukan kerja sama dengan PT. Tri Mitra Resources (TMR), yang merupakan perusahaan dalam bidang telekomunikasi dan sudah berpengalaman melakukan survei untuk pekerjaan instalasi fiber optik.

Kerja sama yang dilakukan berupa pemetaan bawah permukaan laut dalam rangka rencana pemasangan kabel optik. Survei ini meliputi survei hidrografi, geofisika dan geologi.

Survei-survei tersebut  bertujuan untuk:

  • Mengetahui kedalam laut melalui survei batimetri guna perencanaan pemasangan kabel optik.
  • Mengetahui kondisi bawah permukaan laut melalui survei instrumentasi geologi dan geofisika dalam perencanaan pemasangan kabel laut

Pelaksanaan survei dilaksanakan tanggal 29 Juni hingga 21 Agustus 2018 dengan rute pelayaran Jakarta –  Palu – Dili – Kupang - Jakarta. Survei ini melibatkan 47 orang yang terdiri atas 20 orang ABK, 16 orang engineer, 10 orang teksnisi dan 1 orang paramedis.

Wahana yang digunakan adalah Kapal Riset Baruna Jaya I dengan membawa peralatan utama yaitu  Multibeam Laut Dalam, digunakan untuk memetakan topografi dasar laut, serta peralatan pendukung lainnya seperti Digital Global Positioning System (DGPS) untuk navigasi, singlebeam untuk kalibrasi kedalaman dan PDS 2000 untuk akuisisi dan pemrosesan data hasil survei.

 Lintasan dan Area Survei

Gambar Area Survei KR. Baruna Jaya I

Read 179 times Last modified on Senin, 09 Juli 2018 14:03

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami