Written by  2018-03-09

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) UNDIP di Baruna Jaya

(0 votes)

Jakarta, Muara Baru, 6 Maret 2018 – Jurusan Oseanografi Universitas Diponegoro melakukan kunjungan studi “Kuliah Kerja Lapangan” di Balai Teknologi Survei Kelautan (Balai Teksurla) - BPPT yang bertempat di Kapal Baruna Jaya I dan III. Sebanyak 100 mahasiswa dan 4 dosen tiba di Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru Pukul 09.00 WIB, mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok  untuk  memasuki  kapal Baruna  Jaya  I  dan  III.

Selanjutnya para mahasiswa memasuki kapal, untuk kapal Baruna Jaya I dipimpin oleh Kapten Lukman dan Baruna Jaya III oleh kapten Tiur. Sebagian mahasiswa diarahkan ke lounge room dan sebagian ke anjungan kapal. Di anjungan kapal, penjelesan mengenai kapal Baruna Jaya dipimpin oleh kapten, dibantu dengan mualim dan kadet. Penjelasan mengenai Balai Teknologi Survei Kelautan dilakukan oleh penanggung jawab dari kantor Balai Teksurla di Lounge room.

 Materi tentang kapal dijelaskan oleh masing-masing kapten dengan cara diskusi interaktif, membahas dari segala hal yang berhubungan dengan kapal seperti dimensi kapal, fungsi kapal, cara mengoperasikan kapal, membaca peta dan radar. Selanjutnya para mahasiswa juga dijelaskan mengenai struktur organisasi di kapal beserta tugasnya.

Sedangkan pemateri dari kantor Balai Teksurla yaitu Athur Yordan Herwindya, S. Kel, M.Si di lounge room  Baruna  Jaya  III  dan  Trevi Jayanti P, S.Si, M.Si di lounge room  Baruna  Jaya  I,  menjelaskan tentang pengenalan dan ruang lingkup dari Balai Teknologi Survei Kelautan dengan presentasi. Presentasi tersebut meliputi pengalaman survei kelautan yang berupa survei  bathimetri,  survei  seismik,  sampai  dengan  pengalaman menemukan  bangkai  dari pesawat Air Asia serta  pelayanan jasa  dari  Balai  Teksurla  seperti  deploy  buoy  yang bekerja sama dengan  Jepang,  Amerika dan Australia. Kemudian seperti paparan di anjungan kapal, tim pemateri juga memberikan pertanyaan pada para mahasiswa sebagai ajang interaksi dan feedback dari mahasiswa.

Setelah seluruh sesi materi selesai, mahasiswa istirahat sampai dengan pukul 13.00 WIB. Pada akhir acara dilaksanakan sesi foto bersama di buritan kapal, baik mahasiswa, dosen, kru kapal dan tim Balai Teksurla.  Kemudian dilanjutkan penyerahan plakat dari pihak UNDIP ke perwakilan manajemen Balai Teksurla.

Sekitar pukul 14.00 WIB, rombongan UNDIP meninggalkan Kapal Baruna Jaya. Kunjungan ini diharapkan bermanfaat dan menjadi bekal bagi mahasiswa agar mereka memiliki gambaran kerja di bidang Oseanografi. Selain itu, diharapkan semakin banyak elemen masyarakat yang dapat mengunjungi Baruna Jaya sebagai edukasi mengenai Survei Kelautan dan kemampuan Indonesia dalam mengelola laut Indonesia.

Penulis: Prastya RR

Read 439 times Last modified on Rabu, 21 Maret 2018 22:26

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami