Written by  2018-03-07

Ayo Sinergikan Riset Kelautan

(0 votes)

         Pada hari senin (5/3/2018), bertempat di Ruang Rapat Lt. 14, Gd 2 BPPT di Jl. MH Thamrin 8, Jakarta, dilaksanakan pertemuan membahas konsorsium Riset Samudera. Pertemuan ini dihadiri berbagai pihak diantaranya perwakilan dari Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia(LIPI), Pusat Hidrografi Dan Oseanografi (Pushidrosal) dan perwakilan universitas yang diwakilkan oleh Universitas Sriwijaya. Pertemuan dipimpin oleh Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan (Balai Teksurla)-BPPT, Dr. M. Ilyas.

         Pertemuan membahas tiga program yang akan diajukan ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) sebagai bahan rujukan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Tiga program yang dibahas yakni riset samudra, infrastrktur riset dan pengelolaan data.  Beberapa topik riset samudra yang dibahas yakni Cakupan riset samudra, seperti masalah indeks kesehatan laut, sampah di lautan, stock assessment , landasan kontinen untuk menentukan batas wilayah, data seismik, pencemaran laut dan tsunami and other ocean hazard.

           Setelah pertemuan ini akan dilaksakan workshop­ pada tanggal 26-28 Maret 2018. Hasil dari seluruh kegiatan ini diharapkan Indonesia memiliki program riset samudra hasil sinkronisasi Kementrian dan Lembaga untuk mewujudkan future ocean sustain development .

Penulis : Rastamauli Jabal R Harahap

Read 108 times Last modified on Jumat, 09 Maret 2018 11:31

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami