Written by  2017-11-02

Rakor NSTP Maritim : Presentasi Hasil In Depth FS AFD

(1 Vote)

Dalam rangka rencana pembangunan National Science and Technology Park / NSTP Maritim PPU, pada hari Rabu 25 Oktober 2017, Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT menyelenggarakan Rapat Koordinasi dengan agenda Presentasi In-Depth Feasibility Study oleh Agence Francaise de Developpement/AFD di Gedung II BPPT di jl. MH Thamrin 8, Jakarta. Rakor dipimpin oleh Direktur Pusat Teknologi Pengembangan Sumberdaya Wilayah BPPT Ir Yudi Anantasena MSc. dan dihadiri oleh instansi terkait yaitu dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Badan Perencana Pembangunan Nasional/Bappenas, Kementerian Kelautan dan Perikanan/KKP, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral/ESDM, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia/LIPI, Badan Informasi Geospatial/BIG, Agence Francaise de Developpement/AFD dan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Penajam Paser Utara Kaltim.

Feasibility Study tersebut dilaksanakan oleh konsultan yang ditunjuk AFD yaitu Odyssee Developpement, dipresentasikan oleh Mr. Bruno Bosle dari AFD, yaitu  Deliverable 2 dari FS berupa Preliminary Analysis mencakup pemetaan kegiatan institusi publik serta Kebutuhan dan Peluang NSTP-Maritim PPU; Kolaborasi dan Sinergi; Desain Konsep berupa Produk dan Jasa, Kebutuhan Sumberdaya, dan Analisa Resiko. Kajian FS sangat lengkap mencakup berbagai aspek rencana NSTP. Pihak Bappenas menjelaskan bagaimana proses untuk meningkatkan usulan pinjaman luar negeri yang telah ada di Blue Book untuk masuk dalam Green Book perlu adanya Proposal yang lebih detail dari konsorsium kelembagaan terkait terutama yang akan menempati dermaga, dilengkapi dengan Feasibility Study dan Business Plan. Permasalahan yang utama adalah kebijakan pendanaan untuk pembangunan NSTP Maritim tersebut tidak Top Up, sehingga menjadi kendala bagi instansi inisiator NSTP. Sebelum AFD meneruskan Detailed FS, AFD memerlukan konsensus kementerian-kementerian terkait. Semua instansi terkait yang hadir mendukung terbentuknya NSTP Maritim PPU, untuk itu diharapkan AFD dapat melanjutkan FS tersebut sebagai bahan untuk kelanjutan proses usulan NSTP.

Read 381 times Last modified on Rabu, 08 November 2017 09:13

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami