Written by  2014-10-27

Penentuan Nilai Parameter Aperture Dan Dip Pada Metode Migrasi Kirchhoff Untuk Meningkatkan Kualitas Data Seismik 2D Di Perairan Utara Jawa

(1 Vote)

Oleh :

Dewo Kusumo1, Tati Zera2 dan Rahadian3

1Program Studi Fisika - Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

2Program Studi Fisika - Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

3Balai Teknologi Survei Kelautan - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

 

ABSTRAK

Migrasi Seismik adalah suatu proses untuk memindahkan kedudukan reflektor pada posisi dan waktu pantul yang sebenarnya berdasarkan lintasan gelombang. Hal ini disebabkan karena penampang seismik hasil stack belumlah mencerminkan kedudukan yang sebenarnya, karena rekaman normal incident belum tentu tegak lurus terhadap bidang permukaan, terutama untuk bidang reflektor yang miring.

Selain itu, migrasi juga dapat menghilangkan pengaruh difraksi gelombang yang muncul akibat adanya struktur-struktur tertentu. Migrasi yang digunakan adalah migrasi Kirchhoff, dimana keberhasilan dari migrasi ini sangat dipengaruhi oleh model velocity yang digunakan. Untuk melakukan migrasi diperlukan nilai dari lebar aperture dan sudut dip, sehingga menghasilkan penampang seismik yang mendekati struktur geologi yang sebenarnya. Serta dilakukan analisis lebih lanjut dalam penentuan lebar aperture dan penentuan sudut dip yang digunakan. Ada dua metode migrasi yaitu pre-stack time migration dan post-stack time migration. Pre-stack time migration adalah proses migrasi sebelum stacking. Pre-stack time migration sering diaplikasikan untuk lapisan-lapisan dengan profil velocity yang kompleks, atau ketika struktur terlalu kompleks untuk proses post-stack  time migration. Hasil dari analisis gambar migrasi dapat diambil kesimpulan bahwa hasil variasi nilai aperture yang tepat pada teknik Pre-Stack Time Migration adalah sebesar 500 meter, karena memiliki pola-pola koherensi reflektor yang lebih baik dari nilai variasi lainnya. Kemudian hasil variasi nilai dip yang tepat pada teknik Post-Stack Time Migration adalah sebesar 45 derajat, karena memiliki event-event seismik yang sangat curam dari nilai variasi lainnya yang mencerminkan kondisi geologi sesungguhnya.

 

Kata Kunci: Migrasi Seismik, Migrasi Kirchhoff, Aperture, Dip, Pre-Stack Time Migration, Post-Stack Time Migration.

Read 5691 times Last modified on Selasa, 07 Maret 2017 10:38

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami