Balai Teknologi Survei Kelautan

Survei Batimetri & Hidro-Oseanografi, Lingkungan Kelautan dan Perikanan

Survei Geologi, Geofisika & Geoteknik dan Sampling

read more

Tentang Kami

Kami merupakan salah satu dari 45 unit kerja yang ada di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi yang diberi tugas untuk melakukan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan, memberikan pelayanan jasa teknologi survei kelautan, mengelola armada kapal riset Baruna Jaya, dan mengelola data hasil survei.

Dengan tugas yang kami emban ini, tentu saja kami harus banyak berinteraksi dengan berbagai kalangan, sehingga para tamu yang berasal dari instansi pemerintah pusat/daerah, kalangan industri survei laut nasional maupun multinasional, dunia riset baik dari lembaga litbang dalam dan luar negeri, universitas, dan lain-lainnya kami harapkan akan sangat terbantu dengan hadirnya laman kami ini.

Kami menyajikan informasi tentang gambaran organisasi kami, sumberdaya yang kami miliki berupa SDM, peralatan survei, wahana survei, dll, pengalaman kerja, data yang pernah kami peroleh, berita terbaru yang terkait dengan survei kelautan dan hal lainnya, semoga semua ini setidaknya dapat memenuhi tujuan para tamu yang berasal dari berbagai kalangan dalam mencari informasi di laman ini. Dalam laman ini kami telah berusaha menampilkan informasi sebaik dan seringkas mungkin sehingga para pengunjung dapat memperoleh informasi yang dibutuhkannya dalam waktu cepat dan sesuai yang diinginkan.

Pelayanan dan Jasa

  • Survei Hidro-oseanografi dan Meteorologi

    Meliputi survei singlebeam, multibeam, pengukuran arus laut, CTD, ocean climate buoy.

     

  • Survei Geologi dan Geofisika

    Meliputi survei pengambilan sedimen dasar laut menggunakan drop corer, grab, box corer, drilling laut dangkal. Seismik Dangkal / Sub bottom profiler, Side scan sonar, Marine magnetic dan seismik laut.

  • Survei Lingkungan dan Perikanan

    Meliputi survei Environmental Baseline Assessment, Sedimen dasar laut, Sampel air laut, Sampel biologi, Lingkungan hidup laut, Eksplorasi ikan, dan Pemilihan lokasi budidaya laut.

  • Bareboat Charter

    Jasa pemanfaatan armada Kapal Riset Kapal Baruna Jaya dengan pengoperasian dan biaya operasional, asuransi dan pemeliharaan perbaikan serta perawatan selama waktu bare boat charter menjadi tanggung jawab pemakai.

Visi Misi

Visi :

  • Menjadi Pusat Inovasi dan Layanan Teknologi Survei dan Observasi Kelautan

 

Misi :

  • Pelayanan Jasa Survei, Observasi dan Riset Kelautan
  • Pengelolaan Fasilitas dan Sarana Prasarana Survei dan Observasi Kelautan
  • Peningkatan Kapasitas dan Kompetensi Survei, Observasi dan Riset Kelautan

 

Sejarah

  • 1980 : Penetapan pelaksanaan program Baruna Jaya untuk inventarisasi potensi sumber daya laut di Indonesia secara Mandiri oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi/Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Prof Dr. Ing. BJ. Habibie. 1985 : Penandatanganan kontrak pengadaan Kapal Riset Baruna Jaya I, II dan III antara Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi(BPPT)–dengan Arteliers et Chantiers de la Manche(ACM)–Perancis tanggal 11 Februari 1985.
    Read more...

Manajemen

  •         Kepala Balai

                  Dr. M. Ilyas, MSc.
                  m.ilyas@bppt.go.id

     

  •        Kepala Sub Bagian Tata Usaha

                 Trevi Jayanti P., SSi, MSi.
                 trevi.jayanti@bppt.go.id

     

  •        Kepala Seksi Program dan Operasi Survei

                 Ir. Muhamad Irfan, MEng.
                 muhamad.irfan@bppt.go.id

     

  •        Kepala Seksi Sarana dan Prasarana

                 Ir. Handoko Manoto
                 handoko.manoto@bppt.go.id

     

Berita Terbaru

Artikel

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami