Written by  2018-10-31

Baruna Jaya I Dalam Misi SAR Gabungan Lion Air JT610

(0 votes)

 

Pesawat Lion Air JT610 rute Jakarta – Tanjung Pinang hilang kontak pada tanggal 29 Oktober 2018. Badan SAR Nasional ( Basarnas) telah mengkonfirmasi bahwa pesawat tersebut jatuh di perairan utara Karawang, Jawa Barat.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) meminta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk mengerahkan kapal Baruna Jaya I untuk melakukan survei yang diperlukan untuk menemukan blackbox pesawat Lion Air di dasar laut.

 

Tanggal 30 Oktober 2018, pukul 02.15 kapal Baruna Jaya I bertolak dari pelabuhan Muara Baru Jakarta menuju lokasi yang diduga jatuhnya pesawat. Pukul 05.00 WIB kapal Baruna Jaya I sudah berada di lokasi jatuhnya pesawat yaitu di perairan utara karawang. Pukul 08.30 Kapal Baruna Jaya I, KNKT, KRI Rigel dan Basarnas melakukan pembagian wilayah pencarian untuk memudahkan koordinasi sehingga tidak ada tumpang tindih wilayah pencarian.

Pukul 11.00 WIB, tim SAR yang tergabung di kapal Baruna Jaya I menurunkan ping locator dari KNKT untuk mencari posisi blackbox. Selain ping locator dari KNKT, peralatan survei yang dibawa di kapal Baruna Jaya I berupa Multibeam Echosunder yang berfungsi untuk memetakan topografi dasar laut, Remote Operate Vehicle (ROV) yang berupa robot yang dikendalikan dengan remote control yang dilengkapi dengan kamera untuk mencari obyek bawah laut, Side Scan Sonar digunakan untuk memindai objek di atas permukaan bawah laut. Sampai dengan saat ini, tim gabungan di KR  Baruna Jaya I terus melakukan upaya pencarian.

 

Read 101 times Last modified on Sabtu, 03 November 2018 21:58

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6
Login to post comments

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami