baruna jaya

Rabu, 31 Oktober 2018 sekitar pukul 10.20 WIB, tim SAR Gabungan yang berada di Kapal Riset Baruna Jaya I BPPT yang terdiri atas Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Badan SAR Nasional (Basarnas), dan tim survei BPPT menemukan objek penting di area yang diperkirakan tempat jatuhnya pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610.

 

Pesawat Lion Air JT610 rute Jakarta – Tanjung Pinang hilang kontak pada tanggal 29 Oktober 2018. Badan SAR Nasional ( Basarnas) telah mengkonfirmasi bahwa pesawat tersebut jatuh di perairan utara Karawang, Jawa Barat.

Gempa dan Tsunami yang terjadi pada hari Jumat, 28 September 2018 di Donggala dan Palu-Sulawesi Tengah dengan kekuatan 7,4 Skala Richter (SR) menyebabkan banyak korban.

Balai Teknologi Survei Kelautan (Balai Teksurla) – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan uji coba pelayaran (sea trial) Kapal Riset Baruna Jaya II pada  Senin, 3 September 2018.

Selasa, 26 Juni 2018 Tim BPPT dari unit Balai Teknologi Survei Kelautan (BTEKSURLA) , Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur (B2TKS) dan PT.PADI berangkat ke Danau Toba untuk membantu pencarian korban tenggelamnya kapal KM. Sinar Bangun.

Kegiatan Temu Bisnis yang diselenggarakan oleh Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT dilaksanakan pada tanggal 11 April 2018 di Ruang Komisi 2&3 Gedung II BPPT Jakarta, dengan tema “ Teknologi Survei Laut Kapal Riset Baruna Jaya BPPT – Mendukung Poros Maritim “

Jumat (29/6), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Balai Teknologi Survei Kelautan (Balai Teksurla) melakukan kerja sama dengan PT. Tri Mitra Resources (TMR), yang merupakan perusahaan dalam bidang telekomunikasi dan sudah berpengalaman melakukan survei untuk pekerjaan instalasi fiber optik.

Tahun 2017 Kementrian Kelautan dan Perikanan RI menunjuk PT. PERIKANAN NUSANTARA (Persero) untuk melaksanakan pengadaan barang percontohan instalasi budidaya laut lepas pantai (Keramba jaring Apung Offshore) sesuai surat perijinan nomor : 439/DP/SP.J/VI/2017. Pengadaan barang dimaksud dibangun di 2 (dua) lokasi yaitu Karimunjawa, Jawa Tengah dan Pangandaran, Jawa Barat.

Dalam mendukung proses instalasi Keramba Jaring Apung Offshore tersebut, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Balai Teknologi Survei Kelautan untuk memberikan dukungan dalam kegiatan instalasi mooring diarea yang telah di rencanakan dalam operasi dengan pemanfaatan KR Baruna Jaya IV.

Jakarta, Muara Baru, 6 Maret 2018 – Jurusan Oseanografi Universitas Diponegoro melakukan kunjungan studi “Kuliah Kerja Lapangan” di Balai Teknologi Survei Kelautan (Balai Teksurla) - BPPT yang bertempat di Kapal Baruna Jaya I dan III. Sebanyak 100 mahasiswa dan 4 dosen tiba di Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru Pukul 09.00 WIB, mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok  untuk  memasuki  kapal Baruna  Jaya  I  dan  III.

Rabu, 07 Maret 2018 10:24

Ayo Sinergikan Riset Kelautan

         Pada hari senin (5/3/2018), bertempat di Ruang Rapat Lt. 14, Gd 2 BPPT di Jl. MH Thamrin 8, Jakarta, dilaksanakan pertemuan membahas konsorsium Riset Samudera. Pertemuan ini dihadiri berbagai pihak diantaranya perwakilan dari Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia(LIPI), Pusat Hidrografi Dan Oseanografi (Pushidrosal) dan perwakilan universitas yang diwakilkan oleh Universitas Sriwijaya. Pertemuan dipimpin oleh Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan (Balai Teksurla)-BPPT, Dr. M. Ilyas.

Halaman 1 dari 7

Kami Menanti Anda

Sebuah kehormatan bagi kami apabila dapat menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk memperluas jaringan kerja dalam rangka meningkatkan pengkajian dan penerapan teknologi survei kelautan serta layanan jasa yang kami tawarkan.

hubungi kami